Alam Curug Benang Stokel, Lombok Utara

curug benang

Keindahan Curug / air terjun Benang Stokel yang terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini ternyata bukannya tanpa cerita legenda. Masyarakat setempat percaya bahwa air terjun Benang Stokel adalah tempat membersihkan diri ( mandi ) Dewi Anjani.

 

curug benang
Dewi Anjani adalah mahkluk gaib yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Menurut legenda yang berkembang, pada waktu – waktu tertentu Dewi Anjani turun dari gunung kemudian mandi dan membersihkan rambutnya di sini. Itu sebabnya, warga percaya bahwa jika sedang mempunyai masalah dengan rambut, mandi di Benang Stokel akan menjadi salah satu jalan keluar.

 

Menghilangkan rambut rontok dan menghitamkannya dapat dilakukan dengan membasuhnya di bawah hujaman air terjun Benang Stokel. 

Selain itu, jalur Benang Stokel – Gunung Rinjani juga sering digunakan oleh orang-orang sakti untuk mencari berkah atau keselamatan dengan melakukan pendakian atau pertapaan ke Gunung Rinjani. Selain itu ada yang mengatakan jika kita mandi disini, maka kita akan terlihat satu tahun lebih muda. Hingga kini, hal tersebut masih dipercaya oleh masyarakat.

 

curug benang
Di luar cerita legenda itu, kawasan wisata air terjun Benang Stokel sangat indah dan sejuk serta menenangkan. Suasananya bisa menghilangkan penat dan membua pikiran menjadi jernih kembali. Pesona air terjun ini berasal dari tingkatan air terjunnya yang tertutup oleh hijaunya daun juga karena tempat ini dikelilingi pepohonan yang membuat nuansa alamnya jelas terasa. 

Urutan air terjun yang paling atas disebut kelambu, sedangkan pada tingkatan kedua terdapat 3 air terjun yang berjajar. Lokasi air terjun Benang Stokel ini berada di ketinggian 552 mdpl di kawasan wisata Taman Nasional Gunung Rinjani.

 
curug benang
Dalam bahasa Sasak, Benang Stokel artinya segumpal benang. Nama itu diberikan karena bentuk air terjun ini yang menyerupai benang yang diikat menyatu. Untuk menuju air terjun ini Anda bisa menggunakan kendaraaan pribadi atau menyewa kendaraaan roda dua maupun roda empat. Berada di 30 km dari kota Mataram ke arah timur, air terjun Benang Stokel bisa ditempuh dengan total waktu 45 menit atau 25 km ke arah utara kota Praya.

 
ccurug benang

 
curug benang
 

 

Post a Comment for "Alam Curug Benang Stokel, Lombok Utara"