Bendungan Pengga - Lombok Tengah

Pulau Lombok sudah lama top akan keindahan alamnya  seperti pantai, gunung, air terjun, juga tetap sangat banyak yang selanjutnya. Saat ini ayo anda liaht wisata buatan yang begitu juga menarik untuk didatangi adalah berupa bangunan bendungan satu diantaranya sebagai bendungan Pengga.


bendungan pengga

Bangunan yang dimanfaatkan adalah irigasi pertanian dengan pengendali banjir tersebut diresmikan tanggal 16 Oktober 1994 oleh Presiden Soeharto. Bendungan Pengga terletak pada desa Pelambik, Praya Barat, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Bendungan ini dibuat karena sangat banyaknya keluh kesah publik yang sering sekali gagal panen. Pulau Lombok Barat yaitu pulau yang memiliki area pertanian yang cukup luas juga saat season penghujan yang sangat singkat dengan intensitas curah hujan yang makin kecil dibandingkan daerah lain.




Sungai utama berasal bendungan Pengga sebagai sungai Penujak yang sebelum hingga di bendungan Pengga, aliran air dari sungai Penunjak datang kaki gunung Kendo bermuara terlebih dahulu dalam bendungan Batujai dan limpahan air berasal bendungan Batujai inilah yang pada akhirnya bermuara pada bendungan Pengga.


bendungan pengga

Selain difungsikan sebagai irigasi pertanian dan pengendalian banjir, bendungan tersebut juga dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik serta lokasi pariwisata. Bendungan yang memperoleh tipe bendungan urugan batu dengan inti tanah tersebut memang cocok difungsikan merupakan tempat wisata. Dengan kelembaban udara yang segar waduk ini kian hari makin padat dikunjungi pengunjung domestik ataupun pengunjung asing.


bendungan pengga

Selalu cocok untuk menyegarkan mata serta fikiran kita. Selain itu, waduk ini difungsikan  warga setempat untuk memelihara ikan dan juga memancing. bagi anda yang hobi mancing obyek wisata ini pas untuk anda.
 

Post a Comment for "Bendungan Pengga - Lombok Tengah"