Tradisi Unik Valentine s Day di Beberapa Negara Asia

Tradisi Unik Valentine s Day di Beberapa Negara Asia 


Valentine s day atau yang biasa kita sebut hari valentine atau hari kasih sayang ini biasanya dirayakan pada tanggal 14 februari karena memang dari daerah asalnya jatuh pada tanggal 14 februari. Valentine s day sebenarnya berasal dari ranah eropa . Karena pengaruh dari globalisasi valentine ini bisa sampai ke Asia dan bahkan seluruh dunia.

Di Asia sendiri khusus nya Indonesia sebenarnya tidak mengenal apa itu valentine s day . Sampai saat ini pun status valentine day atau hari kasih sayang ini masih menjadi kontroversi di Indonesia. Apa lagi di dalam islam (karena Indonesia adalah mayoritas islam)  tidak mengenal hari kasih sayang. Karena kasih sayang dalam islam itu setiap hari dan kepada siapapun, tidak cuma kepada kekasih nya saja.

Namun karena media dan toko modern sering menggunakan hari hari seperti valentine s day ini sebagai ajang promosi. Maka muda mudi saat ini banyak yang ikut ikutan merayakan. Mereka merayakan dengan cara saling memberi coklat kepada sang kekasih  Namun mereka juga sering menyalahkan gunakan hari kasih sayang  dengab kekasih nya dengan hal yang negatif .

Begitu juga di negara Asia lainnya tidak jauh beda dengan di Indonesia. Banyak yang perusahaan memanfaatkan hari hari seperti hari valentine ini sebagai ajang promosi. Bedanya di sana tidak kontroversi seperti di Indonesia. Bahakan ada yang unik saat merayakan hari kasih sayang ini dan menjadi tradisi seperti negara negara Asia di bawah ini.

Tradisi Unik Valentine s Day di Beberapa Negara Asia

1.Jepang

Di Jepang para wanita di harapkan memberi coklat atau makanan manis lainnya kepada pria saat perayaan valentine. Tradisi ini berawal dari promosi sebuah iklan di komersial sebuah merek coklat di jepang pada tahun delapan puluhan. Yang mampu membius khalayak luas dab menjadi tradisi hingga saat ini.

Dan bagi pria mereka harus memberi kado sederhana di tanggal 14 februari sebagai balasan dan tanda terima kasih.

2.Korea Selatan

Di Korea Selatan jika seorang lajang atau jomblo yang tidak mendapatkan kado valentine di tanggal 14 februari, maka disarankan untuk pergi ke restoran khas korea dan menyantap sup mi hitam sebagai penghalang nasib buruk.

3.China 

Masyarakat china dalam merayakan hari kasih sayang tidak hanya di tanggal 14 februari saja, namun juga pada tanggal 7 bulan 7 pada penanggalan imlek yang disebut sebagai vestival anak gadis. Di sana juga tidak bisa sembarangan memberi kado karena banyak pantangannya.

Itu lah beberapa keunikan dalam merayakan valentine s day di berbagai negara di Asia 

Post a Comment for "Tradisi Unik Valentine s Day di Beberapa Negara Asia "